News

TINGKATKAN KUALITAS DAN KUANTITAS BUAH STROBERI DENGAN GREENHOUSE HIDROPONIK NET AGROPRO

Stroberi adalah salah satu buah yang paling diminati di dunia. Rasa buah stroberi yang manis segar ini dapat diolah menjadi berbagai macam makanan dan minuman yang lezat. Akan tetapi tidak semua stroberi memiliki kualitas yang baik, dan meskipun di pasaran buah stroberi terlihat manis dan menarik namun belum tentu terbebas dari pestisida. Salah satu faktor yang mempengaruhi kualitas buah stroberi adalah dari metode bercocok tanamnya. Dalam menumbuhkan stroberi ada hal-hal yang perlu diperhatikan seperti pemilihan bibit, kondisi tanah, kelembaban, dan lain-lain. Hal ini disebabkan karena stroberi merupakan tanaman yang rentan terhadap kondisi lingkungan, patogen, dan tanah. Oleh karena itu pada hasil pertanian stroberi konvensional, yang mana metode tersebut masih sangat bergantung pada pemakaian insektisida, buah stroberi masih bias mengandung pestisida dan herbisida meskipun sudah dicuci.

 

Menurut hasil laporan tahunan dari Environmental Working Group (EWG), buah stroberi menempati urutan tertinggi dengan kandungan residu pestisida paling banyak diantara jenis buah dan sayur lainnya. Hal ini tentu memiliki dampak yang buruk bagi kesehatan. Itulah mengapa buah stroberi organic memiliki harga yang sangat tinggi di supermarket, dikarenakan konsumen kelas menengah ke atas ingin mengkonsumsi makanan yang sehat dan tentunya bebas pestisida. Dari sudut pandang petani, petani berusaha untuk menghasilkan buah stroberi bebas pestisida untuk mendapatkan porsi pasar stroberi supermarket organik yang bernilai tinggi.

 

Untuk memperoleh stroberi dengan kualitas tinggi tanpa pestisida yang dapat masuk ke supermarket, solusinya adalah mengganti metode menumbuhkan stroberi konvensional dengan metode organik. Untungnya, kini ada kabar baik bagi petani stroberi yang ingin menerapkan budidaya dengan metode organik. Menumbuhkan stroberi organik ternyata jauh lebih mudah dari yang dibayangkan, dan memberikan keuntungan lebih tinggi karena tidak lagi membutuhkan pestisida. Metodenya adalah dengan menggunakan greenhouse hidroponik.

 

Pertanian greenhouse hidroponik jauh lebih unggul dari pertanian konvensional dalam menghasilkan kualitas stroberi yang bebas dari residu pestisida. Secara fisik dapat terlihat buah stroberi lebih besar, manis, dan mulus dengan warna daun lebih tajam. Hal ini karena hidroponik adalah menanam dengan memanfaatkan air tanpa menggunakan tanah dan menekankan pada pemenuhan kebutuhan nutrisi bagi tanaman. Kemudian, tanaman hidroponik dilindungi dengan greenhouse yang diselubungi dengan net AgroPro yang anti hama dan serangga, sehingga melalui metode ini serangan hama penyakit dapat diperkecil tanpa menggunakan pestisida.

 

Net AgroPro menyediakan kebutuhan net yang tepat untuk metode greenhouse hidroponik. Dirajut dengan mesin berteknologi jerman, benang net saling terikat satu dengan yang lainnya dengan kuat sehingga ukuran mesh tidak akan berubah meskipun mengalami gesekan. Dengan demikian, net senantiasa anti serangga dan tanaman akan terlindungi dari angin, serangga, hama, dan ulat. Selain itu net AgroPro juga melindungi tanaman dari curah hujan tinggi dan angin kencang. Net AgroPro juga mengatur cahaya matahari yang masuk ke dalam greenhouse ke intensitas yang paling optimal untuk buah stroberi, sehingga tanaman stroberi tumbuh dengan lebih cepat, lebih manis, dan lebih besar dari tanaman stroberi yang tidak ditudungi oleh Net AgroPro.

 

Biaya investasi dan operasional pengelolaan pertanian greenhouse hidroponik tidak terlalu besar, namun akan menghasilkan hasil pertanian yang terjamin kualitasnya untuk masuk ke supermarket organik. Dengan metode greenhouse hidroponik, membudidayakan stroberi tidak lagi bergantung pada cuaca, bahkan faktor seperti curah hujan pun dapat dihilangkan oleh greenhouse, sehingga mampu meningkatkan kualitas dan kuantitas produksi buah stroberi. Tanaman stroberi dapat berbuah sepanjang tahun untuk memenuhi pasokan secara kontinyu ke supermarket, hotel, restoran, pasar, maupun tempat-tempat wisata.

 

Seiring dengan gaya hidup saat ini dimana bertambahnya kesadaran masyarakat akan pentingnya mengkonsumsi makanan sehat, berbisnis stroberi dengan greenhouse hidroponik layak dijajaki. Greenhouse Net AgroPro menjadi pilihan yang tepat dan terjangkau dalam membantu meningkatkan kualitas produksi hasil pertanian. Hasil budidaya buah stroberi organic menggunakan greenhouse Net AgroPro terbukti memiliki tekstur yang lebih padat, bentuk buah yang lebih besar, rasa yang lebih manis dan segar, serta lebih tahan lama.

 

Sudah banyak petani stroberi yang menerapkan greenhouse naungan net AgroPro. Mengapa greenhouse dengan sistem hidroponik ini menggunakan naungan net AgroPro? Karena Net AgroPro ekonomis dan tahan lama hingga 10 tahun. Net AgroPro terbuat dari bijih plastik Polyethylene baru yang belum didaur ulang serta memiliki kekuatan dan fleksibilitas yang sangat tinggi. Terdapat berbagai tipe yang dapat dipilih sesuai tanaman, sayuran atau buah-buahan apa yang akan dibudidaya, contohnya buah stroberi menggunakan tipe mono warna transparan dengan intensitas cahaya masuk 70% hingga 82%, tergantung daerah pemasangannya.

 

Net AgroPro cocok untuk sektor perkebunan, pertanian, tanaman hias, bunga dan juga cocok untuk sektor konstruksi (safety net) dan hobi.


%d blogger menyukai ini: