News

SUKSESKAN BUDIDAYA KENTANG MENGGUNAKAN GREENHOUSE NET AGROPRO

Kentang merupakan tanaman holtikultura yang dimanfaatkan umbinya sebagai sumber karbohidrat dan merupakan salah satu komoditas unggulan Indonesia. Kentang sangat diminati oleh masyarakat, baik dikonsumsi secara langsung dengan cara direbus atau dikukus sebagai makanan alternatif pengganti nasi, maupun diolah menjadi berbagai olahan makanan berbahan baku kentang. Banyaknya olahan makanan yang dapat dikreasikan dari kentang ini menjadikan industri pengolahan kentang dari tahun ketahun semakin meningkat. Sayangnya,dalam beberapa waktu terakhir hasil produksi pertanian kentang mengalami penurunan dikarenakan iklim yang tidak menentu dan juga pemanasan global yang menyebabkan kondisi alam yang tidak ramah.

 

Berbudidaya kentang di Indonesia cukup memiliki tantangan tersendiri. Ini dikarenakan kentang merupakan tanaman hari panjang dimana membutuhkan penyinaran 16 jam/hari dengan sinar yang tidak terlalu terik, akan tetapi sinar matahari di Indonesia yang merupakan daerah tropis sangatlah terik.

 

Melihat kondisi tersebut, untuk meningkatkan kualitas dan kuantitas hasil produksi pertanian kentang dalam menunjang kebutuhan pasokan industri yang semakin meningkat ini, para petani diharapkan tidak hanya mengandalkan metode konvensional untuk bercocok tanam namun juga mulai beralih untuk menerapkan cocok tanam modern yang salah satu metodenya adalah pembudidayaan kentang dengan greenhouse net AgroPro. Penerapan teknologi sistem pencahayaan otomatis khususnya pada pembenihan kentang di dalam greenhouse dapat dilakukan untuk meningkatkan produktivitas kentang baik secara kualitatif maupun kuantitatif. Dengan menggunakan net AgroPro yang memiliki intensitas cahaya masuk 70% hingga 82% (tergantung pada daerah pemasanganya) pada greenhouse kentang, akan meningkatkan hasil pertanian yang lebih optimal.

 

Net AgroPro dirancang khusus untuk melindungi tanaman kentang dari sinar matahari yang berlebihan, serangan hama, curah hujan yang tinggi, serta efek angin kencang. Dirajut dengan mesin berteknologi jerman, benang net saling terikat satu dengan yang lainnya dengan kuat sehingga ukuran mesh tidak akan berubah meskipun mengalami gesekan. Dengan demikian, Net AgroPro senantiasa anti serangga. Net AgroPro terbuat dari biji plastik Polyethylene baru yang belum didaur ulang sehingga memiliki kekuatan dan fleksibilitas yang sangat tinggi, terbukti dari umur pakainya yangmencapai 10 tahun.

 

Greenhouse net AgroPro merupakan solusi untuk berbagai jenis tanaman dengan bermacam-macam kondisi, karena ada pengaturan kondisi lingkungan hidup dan ketersediaan air yang cukup dalam greenhouse. Serangan hama dan penyakit akan jauh lebih terkendali sehingga dapat meningkatkan hasil panen kentang tanpa menggunakan pestisida. Dengan demikian, para petani dapat memperoleh hasil produksi pertanian yang terjamin mutu dan kesehatannya serta tidak perlu kuatir akan mengalami gagal panen karena cuaca maupun iklim yang berubah-rubah.

 

Net AgroPro cocok untuk sektor perkebunan, pertanian, tanaman hias, bunga dan juga cocok untuk sektor konstruksi (safety net) dan hobi.


%d blogger menyukai ini: